Guru Indonesia Berlaga di Forum Global Microsoft






TEMPO.CO, Jakarta - Dua guru asal Indonesia, Estu Pitarto dan Nura Uma Annisa, akan berlaga di ajang Microsoft Partners in Learning Global Forum 2012 yang berlangsung di Prague, Republik Cek, pada 28 November-1 Desember 2012.

Direktur Sektor Publik Microsoft Teja Kusmana mengatakan keduanya sebelumnya telah menjadi pemenang dalam Microsoft Partners in Learning Asia Pacific Forum 2012 di Auckland, Selandia Baru, Maret 2012. Estu menjadi Indonesia Country Winner, sedangkan Nura menjadi runner-up untuk kategori Innovation in Challenging Context.

Estu dan Nura juga merupakan pemenang dalam ajang National Innovative Teachers Competition 2011. Estu, guru SD Islam Al Azhar 14 Semarang, menjadi pemenang untuk kategori Most Innovatice dengan karya “Ayo, Sinau Aksara Jawa!”. Sedangkan Nura, guru KB-TK Islam Al Azhar 22 Semarang, menjadi pemenang kategori Most Edutaining dengan karya “Mari Mengenal Indonesia”.


Teja mengatakan acara nasional yang menjadi kolaborasi Microsoft, guru, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu bertujuan agar pembelajaran menjadi lebih efektif di era kemajuan teknologi ini. “Dua guru ini nantinya diharapkan berbagi dengan teman-teman pengajar lain dan karya mereka bisa dinikmati murid-murid Indonesia,” ujarnya.

Sri Hargyanto Suryoprayudo, Kepala Bidang Multimedia dan Web Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan e-learning dan e-training akan semakin mewarnai kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. “Computer literate bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah akan sangat membantu dalam peningkatan profesionalitas,” ujarnya.

Kementerian, ia menambahkan, memiliki kegiatan tahunan Ki Hajar Awards, yang merupakan kompetisi bagi seluruh subyek elemen pendidikan di Indonesia, termasuk guru. “Guru-guru yang menjadi pemenang dalam Ki Hajar Awards akan diikutkan dalam program Partners in Learning Global Forum selanjutnya, sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman berkompetisi di tingkat internasional,” ujarnya.

Obert Hoseanto, Partners in Learning Manager Microsoft Indonesia, mengatakan Partners in Learning Global Forum 2012 adalah forum tahunan bagi para guru-guru inovatif dari seluruh dunia. “Dalam forum tersebut para guru inovatif dari seluruh dunia akan berkumpul dan berbagi teknik-teknik pengajaran inovatif berbasis teknologi informasi yang telah mereka aplikasikan. Para guru akan berhubungan dan berkolaborasi dengan para koleganya dari negara-negara lain dari seluruh dunia,” ujarnya.

Di Prague, kata Obert, kedua guru itu akan mempresentasikan karya mereka di depan dewan juri yang terdiri dari ahli teknologi pembelajaran. Selain itu, mereka juga akan mengikuti berbagai workshop untuk meningkatkan keterampilan mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.




sumber : http://www.tempo.co

Blazer Blog
  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

No comments:

Pesan yang berbau SARA, Pornografi, Ancaman atau pesan-pesan Negatif lainnya akan saya hapus dari postingan ini
Berkomentarlah dengan baik dan bijak sob.....jangan menjadi Spammer